buku Key of Happiness
Buku

Buku Key of Happiness Karya Husni Mubarok

 

buku Key of Happiness

Sinopsis Buku Key of Happiness Karya Husni Mubarok

Bahagia tidak sama artinya bagi satu dengan yang lainnya. Siapa pun dirimu dan apa pun latar belakangmu, bahagiamu akan berbeda dengan bahagianya si fulan.

Lalu apa yang terbetik di benakmu ketika kamu berpikir tentang arti bahagia?

Apa yang akan kamu lakukan untuk mendapatkan kebahagiaan?

Apa yang akan kamu perjuangkan untuk mempertahankan kebahagiaan?

Apakah kebahagiaan itu abadi atau sementara? Lalu seperti apa kebahagiaan yang sejati?

Well, semoga buku ini bisa mengarahkanmu untuk lebih memahami tentang makna kebahagiaan yang sesungguhnya

Semoga buku ini bisa mengarahkanmu untuk lebih memahami tentang makna kebahagiaan yang sesungguhnya.
Are you ready to pursuit your happiness?

buku Key of Happiness buku Key of Happiness

Detail Buku Key of Happiness Karya Husni Mubarok

Judul : Key Of Happiness

Penulis : Husni Mubarok

Ukuran buku : 15×23 cm

Berat buku : 300gram

Halaman = -+220

 

buku Key of Happiness

Daftar Isi Buku Key Of Happiness

– Mencari Kebahagiaan yang Hilang
– Kebahagiaan dan Umur Panjang
– Kebahagiaan dan Produktifitas
– [Kunci Pertama] Spiritualitas
– [Kunci Kedua] Jangan Membuat Perbandingan
– [Kunci Ketiga] Kebahagiaan Datang Tak Terduga
– [Kunci Keempat] Kebahagiaan Itu Sederhana
– [Kunci Kelima] Kebahagiaan dan Cinta
– [Kunci Keenam] Bahagia dengan Memberi
– [Kunci Ketujuh] Bahagia Menjadi Diri Sendiri
– [Kunci Kedelapan] Antara Kebahagiaan dan Cara Pandang
– [Kunci Kesembilan] Bahagia dengan Hidup Sehat
– [Kunci Kesepuluh] Bersyukur
– [Kunci Kesebelas] Mencintai Pekerjaan
– [Kunci Kedua Belas] Bahagia Dengan Visi dan Misi
– [Kunci Ketiga Belas] Melakukan Perubahan dan menikmati perubahan
– [Kunci Keempat Belas] Kebahagiaan itu Datang Ketika Kita Memaafkan
– [Kunci Kelima Belas] Bahagia dengan Berpikir Positif
– [Kunci Keenam Belas] Bahagia Dengan Harapan

 

buku Key of Happiness

Bedah Buku Key of Happiness

Kenapa saya menulis KOH? Sebenarnya naskah KOH ini boleh dikatakan naskah yang tak direncanakan. awalnya saya punya rubrik happiness di blog. disitu saya sering menulis tentang kebahagiaan. saya kemudian berpikir kenapa tidak membuat buku secara utuh yang membahas tema tentang kebahagiaan? maka dari situ saya kepikiran untuk menulis Key of Happiness.

Awalnya saya memberi judul naskah ‘Mencari Kebahagiaan yang Hilang.’ Tapi mengingat point yang akan saya sampaikan adalah hal-hal yang bisa mendatangkan kebahagiaan, maka saya menggantinya menjadi Key Of Hapiness. kunci kebahagiaan. melalui buku ini saya berharap saya dan pembaca bisa merenungi makna kebahagiaan lebih dalam. saya sendiri menulis buku ini tak lebih sebagai ‘penghibur’ bagi diri saya sendiri. Bukan berarti saya menulis buku dgn tema kebahagiaan itu artinya saya sudah hidup bahagia ya. hehe

penulisan naskah sempat terhenti karena faktor kesibukan dan ditambah dengan mentoknya ide dari point-point yang saya buat. saya kekurangan referensi dan inspirasi. tapi syukur alhamdulillah, Allah memudahkan jalan saya. tak berapa lama setelah itu saya mencari film-film dgn tema kebahagiaan. film pertama the pursuit of happiness dan kemudian setelah itu saya menonton hector and the search of happiness. dari kedua film ini saya menemukan banyak faidah tentang kebahagiaan, makna kehidupan dan perjuangan. tapi ternyata ada satu yang kurang. NILAI SPIRITUALITAS.

 

buku Key of Happiness buku Key of Happiness

Saya kemudian menyadari bahwa tatanan masyarakat sekuler telah melupakan nilai-nilai dan makna Spiritualitas dalam mencapai kebahagiaan hidup. sehingga ketika itu saya berpikir untuk memasukan point ‘spiritualitas’ tersebut dalam naskah KOH. saya menjadikan Nilai iman dan spiritualitas sebagai kunci pertama dalam mendapatkan dan menggapai kebahagiaan.

kalo bisa dianalogikan, iman/spiritualitas itu seperti pondasi rumah. sebagus apa pun rumah itu dibangun tetap saja ia akan rapuh bahkan roboh. karena tidak memiliki pondasi yang kokoh. begitu juga dengan kehidupan, bolehlah kita punya karir yang bagus, harta yang banyak, tapi kalo iman kosong, sama saja akan berujung kehancuran

saya juga berharap buku KOH ini bisa menjadi ajang muhasabah/ refleksi untuk memperbaiki diri. oleh karena itu di hampir setiap akhir bab/kunci saya menyediakan kolom ‘kotak inspirasi’ sebagai ajang muhasabah diri sendiri.

oh iya, selain ‘kotak inspirasi di bagian akhir sebagai ajang muhasabah, saya juga menyertakan kutipan-kutipan inspiratif di setiap awal bab. dengan kutipan pendek ini saya berharap memiliki pesan yang kuat bagi para pembaca tentang point/bab yang sedang dibahas. lebih daripada itu, terkadang ingatan kita akan selalu teringat pada ungkapan/kutipan yang bermakna lebih dalam.

berangkat dari hal ini saya juga berinisiatif untuk membuat quote-quote dari buku KOH untuk ajang promosi. mungkin teman-teman juga bisa melakukannya.

pada beberapa bagian saya juga sering menyertakan kisah-kisah inspiratif yang berhubungan dengan tema/point yang dibahas. ini saya maksudkan supaya para pembaca bisa mengambil ibroh dan pelajaran yang lebih mengena dan membekas.

Tentunya kita sepakat bahwa cerita/kisah tak akan pernah bisa kita lupakan karena ia terjalin dari plot. saya ingin kisah-kisah yang saya hadirkan juga bisa menjadi pesan penguat dari pesan yang ingin saya sampaikan dari setiap pointnya. atau bahkan mungkin bisa dijadikan bahan cerita para orang tua untuk anak-anaknya. untuk sebagian bab saya juga terkadang menuturkan beberapa penggal pengalaman kehidupan saya yang mudah-mudahan bisa dijadikan ibroh atau pelajaran untuk pembaca.

Nah, untuk sementara itulah sekelumit tentang KOH yang bisa saya sampaikan kepada teman-teman semua. sekarang kita beranjak pada sesi tanya jawab.

 

buku Key of Happiness buku Key of Happiness

 

Sesi Tanya Jawab Bedah Buku Key of Happiness

T: Apa hambatan selama nulis buku KOH?
J: Sebenarnya banyak sekali hambatan selama proses menulis buku KOH. Hambatan itu ada hambatan dari internal dan eksternal. saya pribadi mengalami hambatan internal berupa malas dan stuck. lebih banyaknya hambatan eksternal karena kesibukan kuliah dan kerja. ala kulli hal, alhamdulillah saya bisa menyelesaikan naskahnya atas pertolongan Allah swt dan dukungan teman-teman saya.

T: Pada dasarnya setiap orang itu kan sdh punya ukuran kebahagiaan sendiri2… hidup itu pasti ada bahagia kadang sedih juga. Buku ini arahnya bagaimana ?
.
J: Ya, setiap orang tentunya memiliki ukuran kebahagiaan-kebahagiaan tersendiri. Setiap orang memiliki standar kebahagiaan yang berbeda. sebagaimana saya menulisnya di buku KOH, “bagi seorang pelajar kebahagiaannya adalah ketika bisa memperoleh nilai yang memuaskan di sekolah, kebahagiaan orang tua adalah melihat anaknya sukses dan menjadi pribadi shalih. Bagi seorang suami, bahagia adalah ketika bisa memenuhi kebutuhan anak istrinya.

Tentunya setiap orang memiliki standar kebahagiaan yang berbeda-beda, yang menjadi soal adalah pondasinya; IMAN DAN SPIRITUALITAS. Maka lewat KOH saya menuntut pembaca untuk memahami kebahagiaan dalam bingkai Iman. bahwa sumber dari setiap kebahagiaan itu adalah iman kita. Mungkin seseorang gagal dalam pendidikannya setelah mati-matian berusaha, tapi ketika dia memiliki Iman, dia tidak akan pernah down dan memiliki asa yang tak pernah putus.

‘Bukankah kesedihan itu manusiawi. hidup ada senang dan sedihnya juga.

Ya, bukan berarti kesedihan itu sebagai barometer mutlak seseorang tidak bahagia. karena kesedihan adalah dinamika. Rasulullah saw sendiri pernah bahkan sering bersedih. tapi Kebahagiaan itu bukan masalah sering atau jarangnya kita merasakan kesedihan. tapi seberapa jauh hati kita merasa tentram, bahkan ketika kesedihan itu datang

T:
Dari ke-16 kunci yang disusun ada kah kunci yg paling efektif dan utama? Atau kesemuanya mempunyai peran berimbang?
J: Sebagaimana telah kita analogikan tentang rumah, maka tentu yang paling utama adalah pondasinya. pondasi kebahagiaan adalah iman. nah, apakah pondasi saja cukup memberi faidah dalam kehidupan? bayangkan kita membangun rumah hanya pondasi. kita membutuhkan dinding, jendela, atap, perabotan dalam rumah dan sebagainya. semua elemen/kunci kebahagiaan dibutuhkan dalam kehidupan kita. dan disini kita membutuhkan keseimbangan. kita membutuhkan iman, cinta, peduli, kesehatan, asa dst (sebagaimana kunci2 yang bisa kita lihat di buku KOH)

T: Buku ini cocok kah untuk yg mengaku sudah merasa bahagia ?
J: Buku ini saya tulis untuk siapa pun, bahkan untuk yang mengaku bahagia sekalipun. Seseorang bisa mengaku bahagia, tapi seseorang belum tentu merasakan kebahagiaan selamanya. mungkin rasa bahagia itu timbul tenggelam atau mungkin salah dalam memaknai kebahagiaan. Maka buku KOH bisa menjadi cermin dan untuk menilai, ‘sudah benarkah definisi bahagia yang saya yakini?’

 

T: Dimana saya bisa dapatkan buku ini?

J: Untuk mendapatkan buku ini, silakan hubungi nomor Whatsapp atau klik tombol Whatsapp di website ini

 

buku Key of Happiness

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *