14th March 2019
Posted by

Pusatsemangat.com – “6 Tips Aman Wisata River Tubing”. Selamat menikmati info menarik dari kami. Jangan lewatkan untuk membaca informasi ini sampai selesai. Semoga dapat memberikan inspirasi.

JAKARTA, KOMPAS.com – Wisata river tubing atau menghanyut di aliran sungai dengan ban punya sensasi adrenalin tersendiri. Wisatawan akan diajak menyusuri aliran sungai sambil menikmati pemandangan alam di sekitar sungai.

Seperti wisata petualangan lainnya yang memiliki risiko kecelakaan, river tubing juga berisiko meski dilakukan di aliran sungai yang tak terlalu deras. Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar wisata river tubing minim terpapar risiko kecelakaan.

Berikut beberapa tips dari Ketua Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI), Amalia Yunita untuk wisatawan untuk berwisata river tubing.

1. Pilih operator yang memiliki izin wisata

Yuni mengimbau wisatawan memilih operator river tubing yang memiliki izin wisata dari pemerintah kabupaten setempat maupun Kementerian Pariwisata. Biasanya, operator yang punya izin wisata memiliki standar prosedur untuk melakukan kegiatan wisata meliputi keamanan dan asuransi wisata.

Bila tak memiliki izin wisata dan asuransi, wisatawan bisa memilih operator wisata river tubing yang lain. Hal itu untuk menjamin keselamatan wisatawan.

2. Perhatikan kelengkapan river tubing

Yuni juga mengimbau wisatawan memperhatikan kelengkapan keselamatan untuk wisata river tubing. Perlengkapan yang menjadi persyaratan wajib untuk wisatawan seperti helm, pelampung, dan pelindung siku serta lutut.

3. Tubuh dalam keadaan prima

Wisatawan diimbau untuk berbadan sehat, tidak dalam keadaan mabuk, dan hamil saat melakukan river tubing. Kondisi badan prima akan membuat nyaman kegiatan wisata river tubing.

4. Perhatikan instruksi operator

Sebelum memulai wisata river tubing, perhatikan penjelasan instruksi keselamatan berupa medan sungai yang dilalui, sikap tubuh selama river tubing, dan cara memakai perlengkapan keselamatan.

5. Ukur kemampuan diri

Bila tubuh terasa sudah tidak kuat misalnya dingin dan terlalu banyak terbentur batu, mintalah ke pemandu untuk berhenti. Beristirahat sejenak bisa memulihkan kondisi tubuh.

6. Selalu waspada

Risiko kecelakaan selalu ada dalam setiap kegiatan wisata petualangan. Perhatikan perubahan tanda-tanda alam seperti hujan, kenaikan debit air sungai, dan tanda-tanda alam lain.

Terimakasih telah membaca informasi dari kami tentang “6 Tips Aman Wisata River Tubing”. Informasi ini pernah diterbitkan di sini. Jangan sampai tidak baca informasi menarik lainnya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *